Jenis - Jenis Array Pada Bahasa Pemrograman C/C++

jenis jenis array c++

Array atau Larik merupakan nilai - nilai atau variabel yang memiliki tipe data sama dan merupakan pointer yang mempunyai alokasi memori tetap (Pointer Constant). konsep array adalah menjadikan variabel mampu menampung nilai berbeda, tetapi harus dengan tipe data yang sama.

letak atau posisi sebuah elemen pada array di tentukan oleh index atau posisi. array juga termasuk dalam struktur data statis, artinya adalah lokasi memori untuk suatu array tidak dapat di tambah atau di kurangi selama program di jalankan.

array di bedapakan menjadi 3 jenis, yaitu Array 1 dimensi, 2 dimensi dan Multidimensi.

sintaks umum penulisan array adalah sebagai berikut:

TipeData NamaVariable [ukuran];
Contoh :
int angka [5];

Array Satu (1) Dimensi


merupakan array yang hanya memiliki satu nilai indeks. indeks array yaitu di mulai dari 0.
sintaks umum penulisan array satu dimensi: TipeData NamaVariable [ukuran];
contoh: int angka [6];
artinya adalah membuat variable array dengan nama variable "angka" yang bertipe data int dan mempunyai 6 elemen. dimana nilai elemen di mulai dari 0. jadi variable angka menyiapkan 6 buah lokasi memori untuk menyimpan data.

deskripsi array 1 dimensi
dikatakan array satu dimensi karena banyakna penunjuk indeks hanya satu. pendeklarasian variable array satu dimensi sebenarnya hampir sama dengan pendeklarasian variable lainnya, hanya saja pendeklarasian pendeklarasiannya diikuti dengan maksimum banyak elemen yang dapat di simpan dalam variable array yang dituliskan dalam pasangan tanda siku penutup.

Array Dua (2) Dimensi


array dua dimensi sering digambarkan sebagai matriks, yang merupakan pengembangan dari array satu dimensi. array dua dimensi adalah elemen yang akan diakses melalui dua indeks atau subscipt, yaitu indeks baris dan indeks kolom.
sintak umum penulisan array dua dimensi: TipeData NamaVar [baris][kolom];
contoh: int A [3][3];

definis array dua dimensi
dari ilustrasi gambar di atas dapat dijelaskan bahwa sebeuah elemen array dengan nama variable "A" mempunyai jumlah elemen baru 3 dan elemen kolom 3.

Array Multidimensi


array multidimensi hampir sama dengan array 2 dimensi, tetapi memori penyimpanannya jauh lebih besar. array jenis ini jarang digunakan, array multi dimensi biasanya di gunakan programmer jika dimensi yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar.
deklarasi umum array multidimensi: TipeData Variable [ukuran 1] [ukuran 2]...[ukuran n];
Contoh: int A [3][5][2];


mungkin itu saja bahasan kali ini yang dapat FreakProgramer sampaikan mengenai “Jenis - Jenis Array Pada Bahasa Pemrograman C/C++“. jika kamu suka dengan artikel yang saya buat ini, silahkan share dan berkomentar.
Terimakasih :)

You might also like

0 Comments

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & P*RN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon