Contoh Program Sederhana C++: Aplikasi Menghitung Luas Bangun Datar

Contoh Program Sederhana C++: Aplikasi Menghitung Luas Bangun Datar

Contoh Program Sederhana C++: Aplikasi Menghitung Luas Bangun Datar

Sebelumnya Freak Programmer

Sebelumnya Freak Programmer sudah membahas tentang Contoh Program Sederhana C++, yaitu Program Toko Penjualan di C++.

Dan kali ini Freak Programmer akan memberikan sebuah Tutorial Membuat Program Sederhana C++ juga, tetapi kali ini Tentang Program Menghitung Luas dan Keliling Bangun datar di C++.

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “Bangun Datar”, Bagun datar itu sendiri adalah bangunan datar yang hanya memiliki lebar dan panjang saja, tidak memiliki tinggi. tentunya sudah kalian pelajari di bangku sekolah.

Disini kita akan memasukan rumus matematika bangun datar ke dalam sebuah program atau aplikasi. Membuatnya Tentun tidak semudah mengerjakan contoh soal yang di berikan guru kalian. Disini kita akan menanamkan sebuah pemikiran atau logika kita kedalam sebuah program, agar nantinya program atau aplikasi ini dapat berjalan sesui dengan keinginan kita. Tetapi tenang, disini Freak Programmer akan menjelaskannya sedetail mungkin agar kalian bisa Belajar Programming dengan Menyenangkan.
Oke langsung saja, ini dia Tutorialnya:

Program Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar di C++

  • 1. Buka aplikasi Dev c++, jika kalian ingin menggunakan aplikasi lain silahkan.
  • 2. Copy script atau code di bawah ini, dan pastekan di lembar kerja kalian.
  • 3. Silahkan Compile & Run
  • 4. Dan hasil outpur dari program di atas seperti di bawah ini
Penjelasan

Penjelasan

Dari program di atas dapat di jelaskan bahwa, program tersebut menggunakan system percabangan “Switch Case” untuk memilih program mana yang mau di jalankan. jika memilih S maka prooram akan menampilakan aplikasi untuk menghitung Luas dan Keliling Segitiga, jika memilih P maka program Persegi Panjang yang akan di tampilkan dan jika L program menghitung luas dan keliling Lingkaran.

untuk rumus Lingkaran sebelumnya kita harus  mendeklarasikan terlebih dahulu nilai "n" karena nilai n merupakan salah satu rumus default lingkaran yaitu 3,14 . disitu saya memberikan variabel name phi dengan tipe data const float, kenapa disini saya menambahkan const? karena const berfungsi sebagai memberi nilai default, yang tidak dapat di ubah - ubah.

untuk penjelasan lengkapnya silahkan lihat video dibawah ini, dan jika kalian menginginkan mentahan/ source code dari aplikasi di atas silahkan download disini:
Buka Komentar