Belajar Programming: Tips dan Trik Belajar Pemrograman Otodidak

Belajar Programming

Untuk Menjadi Seorang Programmer Profesional memang membutuhkan waktu yang cukup lama, dikarenakan Mempelajari Bahasa Pemrogramman bukanlah hal yang mudah. 

semuanya butuh proses.. !!!

sama seperti halnya membangun sebuah rumah. sebelum membangunya kita harus menyiapkan lahan > menyediakan bahan - bahan yang di perlukan > membangun pondasi > proses pembangunan > merapihkan dan baru kalian bisa menempatinya. 

Belajar Pemrograman juga seperti itu. tidak bisa langusung menjadi pro atau profesional. untuk Belajar Programming kalian harus mempelajari Dasar - Dasar Pemrograman terlebih dahulu. lalu mencoba mempelajari Bahasa Pemrograman Yang Mudah di Pelajari seperti Java, C++ atau Python.

dan jangan lupa pula untuk sering - sering berlatih dan mencoba. karena dengan seringnya berlatih kalian akan cepat untuk memahami bahasa pemrograman.

jika menemukan ERROR jangan lah panik, error pada saat membuat program adalah hal yang biasa di jumpai. coba cari kesalahannya dan coba betulkan semampunya, jika tidak bisa menemukan kesalahannya kalian bisa tanyakan kepada teman kalian yang mengerti, bisa juga menanyakannya di Forum Pembelajar Programming di sosmed. 

menemukan error dan kalian berhasil memperbaikinya itu secara tidak sadar akan Meningkatkan Skill Permrograman kalian dengan sendirinya. Melatih Logika Pemrograman akan membantu kalian untuk menyelesaikan masalah - masalah pada proses pembelajaran dan pembuatan suatu program.

latih juga Algoritma Pemrograman, untuk memperkuat logika kalian dalam proses pembuatan aplikasi. algoritma itu sendiri adalah suatu sistem penyelesaian suatu masalah yang telah di susun secara sistematis.

selum kalian mempelajari Ilmu Pemrograman, sebaiknya kalian mengenal Hal apa saja Yang Harus Diketahui Pemula Untuk Belajar Pemrograman. seperti mencari Tools Development untuk menunjang kalian belajar programming. dan ketahui juga Syarat - Syarat Belajar Programming, jika kalian memang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi atau memang hobi memahami Source Code, belajar programming akan menjadi hal yang menyenangkan.

dan disini saya akan memberikan Tips untuk kalian yang ingin mempelajari programming secara otodidak. ambil yang menurut kalian itu benar, dan jangan ikuti jika menuru kalian itu tidak harus dilakukan.

Tips dan Trik Belajar Pemrograman Otodidak

Belajar Programming: Tips dan Trik Belajar Pemrograman Otodidak

apakah bisa Menjadi Programmer Otodidak?

tentu saja bisa, dan sangat mungkin untuk di coba. saya sendiri pun seorang programmer yang mempelajari programming secara otodidak. Kuliah hanya untuk mencari ilmu Dasar - Dasar Pemrograman sisanya saya pelajari dari internet, buku dan forum - forum. temukan Cara Asyik Belajar Pemrograman untuk kalian sendiri.

tetapi kalian harus tahu, bahwa belajar secara otodidak akan terasa lebih sulit. karena kalian hanya mengandalkan pemikiran kalian sendiri tanpa didampingi dengan ahlinya.


Bagaimana Cara Belajar Programming Otodidak?

belajar secara otodidak memang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan di dampingi dengan ahlinya. tetapi kalian akan mendapatkan kesenangan atau kebanggan tersendiri karena bisa mempelajarinya seorang diri, yang memungkinkan kalian Menjadi Programmer Yang Handal. lantas bagaimana caranya ??? caranya sebagai berikut.

Pelajari Dasar Pemrograman Terlebih Dahulu

seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, mempelajari Dasar - Dasar Pemrograman adalah hal yang harus kalian pelajari terlebih dahulu untuk memulai Belajar Programming. coba lah pelajari dasar bahasa pemrograman yang kalian ingin pelajari, seperti fungsi operator, sintax dll. karena jika kalian langsung terjun untuk membuat Source Code atau bahasa kerennya Coding, nanti kalian akan kebingungan sendiri. ini dan itu apa ?? pahami juga fungsi - fungsi sintax yang ada pada bahasa pemrograman yang kalian ingin pelajari. seperti sintax COUT dan CIN pada C++. sintax COUT digunakan untuk menampilkan suatu nilai, dan sintax CIN untuk menyimpan suatu nilai kedalam variable.

Kuasai Dasar - Dasar Algoritma Pemrograman

inti dari suatu program yang berjalan susuai keinginan si pembuat adalah Algoritmanya. algoritma itu sendiri adalah suatu proses atau prosedur menyelesaikan suatu masalah. misal: untuk memasak telur yang harus disiapkan adalah menyiapkan wajan, memanaskan minyak, memberi bumbu pada telur selajutnya adalah memasak.

dalam implementasinya dalam pembuatan program Algoritma dimulai dari proses pemikiran apa saja yang dapat  dilakukan Program yang akan dibuat nantinya, dari proses input, edit, delete dan lain -lain.

pelajarilah Algoritma Pemrograman Dasar seperti menyimpan nilai kedalam suatu variable, dan mencetak nilai dari variable tersebut. pelajari yang sederhana dulu, seperti membuat program diskon atau program menghitung luas bangun datar. setelah berhasil barulah buat program dengan Algoritma yang lebih sulit lago.

Pelajari Bahasa Inggris dan Matematika

agar kalian Menjadi Programmer Yang Handal atau Profesional, bisa berbasa Inggris adalah suatu kewajiban. kenapa? karena kebanyakan bahasa pemrograman berasal dari Negara Luar dan sintax di bahas Pemrograman Tingkat Tinggi menggunakan bahasa inggris. minimal bisa berbahasa inggris pasif.

dan jangan lupa pelajari matematika. kenapa matematika ? Apakah Programmer Harus Jago Matematika ? sebernarnya mempelajari Dasarnya Saja Sudah Cukup. karena pada dasarnya dalam pembuatan program jarang menggunakan rumus matematika yang rumit, hanya Penjumlahan, pengurangan, pembagian saja sudah cukup. lain halnya jika kalian ingin menjadi Programmer GAME. jika kalian ingin menjadi programmer Game, menguasai matematika adalah keharusan.

dengan mempelajari matematika juga akan Melatih Logika Pemrograman kalian dengan sendirinya.

Pilih Salah Satu Bahasa Pemrograman Untuk di Pelajari

pelajari bahasa pemrograman yang mudah dipelajari terlebih dahulu, Bahasa Pemrograman Populer seperti Java atau C++ bisa kalian coba untuk memulai Belajar Programming. jangan memilih bahasa pemrograman yang sulit dipelajari. untuk belajar pelajari yang mudah dahulu.

Bergabung di Bootcamp Programmer

mengikuti komunitas programmer adalah hal yang dapat mempercepat pembelajaran programming kalian. dengan bergabung, kalian akan mendapatkan informasi - informasi seputar pemrograman. dan kalian juga bisa mendapatkan teman yang dapat membantu kalian jika mengalami kesulitan dalam proses belajar. selain itu, bergabung dengan bootcamp juga bisa membantuk kalian untuk mendapatkan pekerjaan. pekerjan proyek kecil bisa coba kalian ambil untuk melihat sejauh mana proses belajar kalian.

Coba Ambil Projek Kecil

ini juga menjadi salah satu cara mempercepat proses pembelajaran programming kalian. dengan mengammbil suaut projek kecil seperti mengerjakan tugas kuliah teman. kalian dapat melatih hasil dari pembelajaran yang telah kamu lakukan, dan bisa menambah uang saku kalian hehe.

Perbanyak Jam Terbang

dan yang terakhir adalah Perbanyak Jam Terbang kalian. maksudnya adalah sering sering lah berlatih dan asah terus kemampuan program kalian agar nantinya kalian bisa menjadi programmer yang profesional. jangan pantang menyerah, berlatih berlatih dan berlatih adalah kunci kalian untuk bisa cepat memahami bahasa pemrograman.


sebagai Motivasi untuk kalian yang ingin menjadi Programmer. gaji seorang Programmer itu cukuplah besar bisa mencapai 10jt/bulan atau bahkan lebih. dan menjadikan Alasan Programmer Adalah Pekerjaan Yang Paling Menjanjikan. pekerjaannya santai, hanya saja akan pusing jika dikerjar DeadLine :D

mungkin itu saja bahasan saya mengenai Belajar Programming: Tips dan Trik Menjadi Programmer Otodidak. jika kalian suka dengan penjelasan saya pada artikel ini. silahkan share artikel ini kemedia sosial kalian.

You might also like

0 Comments

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & P*RN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon